Berbisnislah dengan cara yang diridai Allah

Dengan mendaftar, Anda akan mendapatkan artikel Cara Bisnis di Internet yang diridai Allah

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner

23 Pertanyaan Untuk Para Blogger Prospektif – Apakah Blog Itu Tepat Buat Anda?


23 Pertanyaan Untuk Para Blogger Prospektif – Apakah Blog Itu Tepat Buat Anda?Apakah Blog Itu Merupakan Suatu Jenis Website yang Tepat Bagi Anda?

Sementara saya sangat menyukai blog sebagai suatu cara untuk mendapatkan Isi secara online, tampaknya banyak blogger lain yang telah membuat blog lebih dari satu tahun menganggap blog sebagai jalan terakhir dari hadirnya website.

Menurut saya ini tidak benar.



Blog bukanlah jenis terakhir dari suatu website. Sebab blog tidak mempunyai seluruh jawaban dan tidak bisa menyesuikan dengan setiap situasi.

Boleh jadi setelah menganalisis kebutuhan, kepribadian, harapan, pengalaman dan gaya anda, diketahui bahwa blog bekerja dengan baik untuk tujuan anda. Mungkin juga terjadi pada aplikasi web lainnya yang bekerja dengan baik di mana anda ada di dalamnya. Jangan menyibukkan diri dalam blog dan mengharapkan dunia.

Ada mungkin orang lain yang lebih baik menjual kepada anda beberapa jenis aplikasi web lainnya. Tetapi di sini ada daftar 23 pertanyaan yang mungkin dapat anda pertimbangkan sebelum memulai blogging. Saya menempatkan beberapa komentar singkat untuk setiap pertanyaan yang bisa anda tindaklanjuti.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut pada dasarnya merupakan daftar kualitas dari para blogger yang berhasil. Sekiranya anda tidak memiliki sebagian kualitas tersebut, maka bukanlah akhir dari impian blogging anda. Daftar tersebut sangat ideal dan pertanyaan-pertanyaan yang ada membantu para blogger yang memiliki potensi untuk memasuki blogging dengan membuat keputusan terbaik: apakah blog itu tepat untuk mereka, jenis blog mana yang akan dimulai dan jenis ketrampilan apa yang perlu dikembangkan.

Inilah 23 pertanyaan yang saya maksud:

1. Apakah Anda suka menulis? - Blog pada dasarnya merupakan media untuk menulis.
Jika Anda tidak senang menulis, maka Anda juga tidak akan menyenangi blogging.

2. Apa pesan Anda? - Sementara banyak aplikasi blogging, yang kebanyakan mendasarinya adalah bahwa blog itu alat komunikasi. Apakah Anda ingin mengomunikasikan sesuatu? Apakah Anda mempunyai pesan? Memulai suatu blog biasanya karena Anda menyenanginya, tetapi mungkin juga untuk mengisi waktu luang.

3. Apakah Anda seorang komunikator yang baik? – Saya tidak yakin bahwa hanya komunikator-komunikator yang baik saja yang harus mempunyai blog (blog dapat dijadikan sebagai alat untuk seseorang mengembangkan ketrampilan komunikasi)


4. Apakah Anda lebih baik dalam menulis atau dalam berbicara? – Sebagian besar komunikator memiliki satu pilihan (atau paling tidak mempunyai ketrampilan yang lebih baik dalam suatu hal atau hal lainnya). Jika berbicara lebih baik, maka Anda bisa mempertimbangkan podcasting atau bahkan video yang mendasari website Anda.

5. Apakah Anda ingin menjadi pusat suara dalam website? – Blog baik dalam membangun suatu komunitas – pada umumnya tentang karakteristik atau corak seseorang (atau sekelompok kecil orang) sebagai pusat suara dalam percakapan. Seseorang harus merespon terhadap suara orang lainnya. Jika Anda berada setelah sesuatu sudah dibicarakan oleh seseorang, maka Forum merupakan media yang lebih baik.

6. Apakah Anda membuat blog sendiri? – Memulai suatu blog hanya membutuhkan sedikit inisiatif. Software blog saat ini membantu memudahkan sesorang untuk memulai blogging, tidak perlu menghindar dan tidak juga perlu mendorong seseorang untuk memulai.

7. Apakah Anda disipilin? – Secara umum blog membutuhkan banyak perhatian secara teratur. Meskipun posting harian tidak penting, tetapi boleh jadi merupakan bagian yang baik untuk mencapai tujuan. Apakah Anda mampu memotivasi Anda sendiri untuk menulis sesuatu yang baru setiap hari?

8. Apakah Anda punya waktu? – Menghubungkan kepada kebutuhan untuk memperbaharui adalah fakta bahwa ini memerlukan waktu. Apakah Anda mempunyai cukup waktu untuk menulis setiap hari? Tidak hanya itu, apakah Anda punya waktu untuk memoderasi komentar, merespon pertanyaan para pembaca, membaca posting para blogger lainnya, punya jaringan kerja dengan para blogger lainnya dan lain-lain?

9. Apakah Anda banyak diikuti? – Bila Anda memulai menulis blog, kesempatan yang akan ditemukan adalah orang akan menulis tentang Anda dan beberapa aspek yang sedang Anda lakukan. Hal yang menyenangkan adalah bila komentar-komentar orang lain bersifat positif dan setuju dengan Anda. Sebaliknya, Anda, tentu saja, tidak akan senang bila orang lain mengritik Anda (kadang-kadang secara terang-terangan dan kadang-kadang juga secara implisit). Apakah Anda mempunyai kemampuan untuk menangkal krtikan dengan baik?

10. Apakah Anda mau menjadi sorotan publik? – Blogging adalah tindakan publik. Setiap hari Anda menempatkan diri Anda sendiri ke dalam tatapan orang lain. Orang lain akan menganalisa kata-kata dan gaya hidup Anda. Sebagian ingin mengetahui lebih jauh tentang Anda, sebagian yang lain bahkan ingin mengenal Anda tampil ke publik. Sementara ada beberapa blogger yang menjadi ”selebiriti” – menempatkan diri Anda sendiri ’di luar sana’ merupakan hal yang memperkuat untuk tinggal dengan dan bisa mendapatkan konsekuensi-konsekuensinya. Ingatlah bahwa setiap kali Anda menulis, maka sulit untuk memindahkannya. Anda mungkin bisa menghapus blog anda, tetapi layanan arsip (dan blogger-blogger lainnya) mengambil banyak apa yang telah Anda tulis dan dengan demikian Anda berada dalam sorotan publik untuk waktu yang lama ketimbang Anda sendiri sebagai seorang blogger.

11. Apakah Anda mempunyai banyak kemampuan teknis? – Jika ini merupakan keperluan untuk blogging, maka memiliki kemampuan belajar dan bekerja pada tingkat teknis adalah suatu keuntungan. Anda bekerja menghadapi komputer menggunakan software yang setiap saat ’mengutak-atik’ blog Anda. Mengetahui bagaimana melakukan pekerjaan blogging sendiri tentu sangat menyenangkan.

12. Apakah Anda membawa Anda sendiri begitu serius? - Salah satu karakteristik yang semestinya dimiliki oleh para blogger adalah rasa humor – terutama bila kita melihat pada diri kita sendiri. Banyak contoh para blooger yang membawa dirinya demikian serius. Sebagian besar blogger yang sukses tampaknya adalah blogger yang humoris.

13. Apakah Anda mempunyai sifat gabungan antara rendah hati dan Ego? – Pasangan selera humor semestinya adalah rendah hati. Sementara blogger yang ego cenderung berlimpah kemakmuran dalam dunia blog, tetapi seringkali blogger sederhana yang berakhir dengan puncak kesuksesan. Katakanlah bahwa ini memiliki ego sehat dan pandangan tentang diri sendiri sebagai seseorang yang berharga adalah karakteristik yang baik sebagai bagian dari ’promosi diri’ pada setiap bloging. Memperoleh keseimbang sifat semacam ini memang tidak selalu mudah, tetapi itulah pekerjaan yang berharga.

14. Apakah Anda mau belajar? – Saya cenderung melihat blogging sebagai sebuah perjalanan di mana seseorang mengetahui sesuatu tetapi tak seorang pun mengetahui segalanya. Ini adalah kasus tentang banyak topik yang ingin Anda blog-kan. Dan blogger terbaik mau berbagi mengenai apa yang mereka ketahui, di samping mencari-cari dan mempromosikan apa yang orang lain juga tahu. Dalam hal ini seseorang bahkan ’seorang ahli’ sekalipun tetap belajar.

15. Apakah Anda senang membaca? – Baik dalam menulis sangat bermanfaat, di samping kemampuan membaca apa yang orang lain tulis.

16. Apakah Anda orang yang teratur? – Sementara ini saya merasa yakin masih banyak blogger yang kacau dan tak teratur. Ada satu titik yang sangat serius dalam kehidupan blogger ketika ia harus sedikit teratur. Dengan datangnya email, mengikuti banyak feed, menulis berbagai topik dan memoderasi komentar semua terjadi sekali (bahkan lebih) menjadi sangat mudah karena santai tanpa banyak yang dilakukan.

17. Apakah Anda orang yang sosial? – Ada banyak gaya blogging tetapi ketika diluncurkan sebagian besar blogger memiliki beberapa keinginan untuk berhubungan dengan para pembaca. Kebanyakan blogger mempertahankan pembaca pada sebuah bentangan (mungkin karena menghentikan komentar dan jarang merespon email), tetapi itu mungkin suatu cara yang sebenarnya menguntungkan untuk melibatkan pembaca Anda. Jika Anda tidak menyukai mereka, maka selanjutnya menjadi suatu tantangan. Pertanyaan lain yang berhubungan adalah: ”Apakah Anda orang yang bisa didekati?”

18. Apakah Anda orang yang menyukai ’hubungan yang sesungguhnya?’ – Orang-orang sosial sulit berinteraksi lewat internet. Mereka lebih cenderung berhadapan langsung daripada melalui email, sms, atau suatu forum tertutup. Menjadi nyaman dengan berbicara dan bekerja kepada orang yang belum pernah bertemu sebelumnya merupakan keuntungan bagi seorang blogger. Berhubungan dalam hal ini juga penting menjadi apa yang disebut ’intuitif yang sesungguhnya’. Salah satu bahaya berhubungan dengan orang lain secara online adalah semuanya tidak bisa sama sebagaimana yang dilihat.

19. Apakah Anda orang yang kreatif? – Sekali lagi ini bukan ’harus’, tetapi suatu keuntungan. Web adalah tempat semrawut dan tempat yang mampu untuk mengembangkan isi dan komunitas yang lebih baik dari tempat lainnya.

20. Apakah Anda memiliki kemampuan lainnya? – Sebagian blog sukses dengan cepat, sebagian yang lain tidak. Pada umumnya banyak blog tidak pernah sesukses seperti apa yang diharapkan oleh pemiliknya.

21. Apakah Anda konsisten? – Salah satu alasan umum adalah para blogger mendapatkan masalah dengan para pembacanya atau mengubah cara mereka mendekati arus tengah (mainstream) bloggingnya. Para blogger yang secara konstan mengubah topik blognya, atau yang meningkatkan harapannya terhadap para pembaca secara tiba-tiba, atau yang mengubah ’suara’ sehingga blog yang ditulis bisa berakhir dengan kehilangan rasa hormat dari pembacanya. Sementara ini tak seorang pun menyukai blog yang membosankan – orang suka mengetahui apa yang diharapkan tentang banyak hal.

22. Apakah Anda jujur dan terbuka? - Jika Anda menjawab tidak, semoga Anda segera mengetahuinya. Dalam kehidupan nyata, mudah menjaga rahasia atau menjaga dua hal: kebiasaan orang saling mengawasi dan menggali hal-hal yang Anda tidak ingin orang lain menggalinya. Bila Anda ingin mengembangkan batasan-batasan sekitar apa yang Anda lakukan (bukan tentang blog), maka Anda perlu menyingkap konflik kepentingan dan bertanggung jawab terhadap hal-hal yang Anda katakan.

23. Apakah Anda suka bekerja keras? – Tingkatan yang perlu Anda kerjakan terhadap blog bergantung kepada tujuan dan sasaran yang Anda inginkan. Jika Anda mempunyai tujuan untuk sesuatu yang besar di masa depan, maka Anda harus menjamin banyak bekerja keras. Tentu saja kondisi seperti ini berlaku untuk banyak hal dalam kehidupan, bukan hanya semata-mata pada blog.

Saya yakin banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih bermanfaat sebelum memutuskan tentang ’apakah blog tepat untuk Anda?’

Tetapi yang jelas daftar pertanyaan di atas lebih ditujukan kepada para blogger yang menjadikan blog sebagai aktivitas kewirausahaan atau bagian dari aplikasi bisnis.



Kepedulian Berbagi:

2 komentar:

  1. Ajarkan saya memulai bisnis dengan blogspot.com?

    ReplyDelete
  2. Terimakasih anda telah mampir di blog saya. Begitupun saya sudah lihat blog anda. Hanya saja blog anda belum terisi satu tulisan pun.

    Untuk menjawab pertanyaan anda, cobalah sebaiknya anda baca beberapa artikel saya berkenaan tentang topik yang anda inginkan.

    Salam sukses,


    A. Yulianto

    ReplyDelete