Berbisnislah dengan cara yang diridai Allah

Dengan mendaftar, Anda akan mendapatkan artikel Cara Bisnis di Internet yang diridai Allah

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner

Promosi Blog Melalui Facebook

Promosi Blog Melalui FacebookSteve Schwartz, tutor profesional Law School Admission Test (LSAT), seperti yang dikatakan Rawse dalam ProBlogger, pernah membicarakan bagaimana ia menggunakan Facebook untuk mempromosikan blognya, Ace the LSAT.

Para pembaca blog anda mungkin sudah memiliki profil Facebook, dan cara membuatnya pun cukup mudah. Anda daftar di http://www.facebook.com/ , maka profil anda akan tampil. Selain mudah membuat profil dan dapat berhubungan dengan teman-teman anda yang sudah terdaftar, Facebook juga menyediakan fitur-fitur yang dapat menghubungkan para pembaca blog anda dan membantu menemukan pembaca baru.


Membuat Kelompok Facebook

Para pembaca blog anda pada umumnya adalah orang-orang yang memiliki kepentingan terhadap materi yang anda tulis. Ia akan mendaftar di blog anda dan bergabung di kelompok facebook yang anda buat.

Contoh tentang promosi blog melalui facebook ini pernah diceritakan Schwartz ketika ia membangun sebuah kelompok diskusi di facebook. Kelompok diskusinya diberi nama 2009 The LSAT Study . Sementara itu pada tahun 2008 sudah ada kelompok diskusi lain tentang hal yang sama. ”Ketika seseorang mencari kelompok diskusi tentang LSAT tahun ini (2009), mereka menemukan kelompokku memiliki lebih dari 100 orang, sedangkan kelompok lain hanya mempunyai anggota 3 orang,” kata Schwartz “Terka kepada kelompok mana mereka akan bergabung?”

Dalam kasus ini, ia memberikan catatan bahwa ia tidak membuat kelompok diskusi tentang blognya secara langsung. Tetapi ia memperluasnya. Kenapa? Orang cenderung akan bergabung kepada kelompok diskusi yang terkait dengan topik anda daripada hanya dibatasi untuk para pembaca blog anda.

Untuk tidak mengesankan kelompok diskusi dan blognya tidak populer, maka Schwartz mengundang teman-teman facebook untuk bergabung ke kelompoknya. Ada dua keuntungan yang diperoleh Schwartz ketika mereka yang diundang bergabung ke kelompok diskusinya:

1. Menginformasikan anggota kelompok tentang blognya jika mereka belum mengetahui

2. Feed berita facebook menjelaskan semua teman-temannya, membentuk sebuah mekanisme pemasaran viral (seperti cara virus menyebar)

Bagaimana Para Pembaca Menggunakan Kelompok Facebook

Kelompok facebook, tentu saja, lebih dari sekadar mekanisme pemasaran viral. Ia membantu para pembaca berhubungan satu sama lain dengan saling memberi komentar. Sementara komentar pada umumnya merupakan tanggapan terhadap tulisan blog anda, kelompok diskusi Facebook memperluasnya dengan berinteraksi langsung di antara para pembaca. Mereka dapat menemukan partner diskusi dan membentuk kelompok-kelompok diskusi menulis pesan di papan dan di dinding Facebook. “How did I tell my readers about the Facebook Group? I posted a link to it on the side of my blog, and I made a brief blog post about it for those who hadn’t noticed the link,” kata Schwartz. Jadi, untuk mengantarkan para pembaca ke kelompok diskusi Facebook, tulis link di blog anda dan beri catatan ringkas tentang kelompok diskusi Facebook.

Memasarkan Kelompok Facebook Anda, dan Blog Anda, di Kelompok Facebook Lain

Carilah kelompok-kelompok Facebook tentang topik anda dan topik-topik lain yang terkait. Pada setiap kelompok ini, anda dapat menulis pesan pada Dinding kelompok atau papan diskusi. Atau anda dapat menggunakan pesan fitur link untuk menjelaskan kelompok anda dan blog anda. Tetapi jangan dilakukan sebanyak tiga kali pada kelompok dan waktu yang sama. Ini dapat mematikan dan mengasingkan anda dari kelompok tersebut.

Setelah melakukan semua ini, Facebook Schwartz menjadi sumber traffic terbesar sampai ia bahkan tidak harus banyak menjaga kunjungan traffic. Agar lebih banyak memperoleh pembaca, kata Schwartz, anda perlu mengetahui di mana keberadaan mereka. Para Blogger banyak menghabiskan waktunya di situs-situs jaringan social.

Bagaimana dengan anda? Apakah sudah menggunakan Facebook atau jaringan sosial lainnya untuk mempromosikan blog? Apakah telah menemukannya lebih efektif?

Kepedulian Berbagi:

5 komentar:

  1. gimana ya ngomongnya... dari survey menyebutkan 7 dari 10 orang terkaya berasal dari dunia IT.. media pemasaran yang paling murah adalah internet.. salah satu bentuk media di internet adalah web dan blog...
    silahkan ambil benang merahnya...

    ReplyDelete
  2. memang benar, orang yang kuat adalah orang yang kaya akan informasi dan langsung action.

    ReplyDelete
  3. Thanks ya pak ats infonya,kbtulan aq blogger yg bru pemula N ingin trus blajar kpd anda.

    ReplyDelete
  4. info yang menarik pak,mengundang trafic ke blog bisa dengan beberapa cara salah satunya via Face book. ide bagus pak.
    sukses terus.

    ReplyDelete
  5. ide yang menarik untuk memanfaatkan jaringan sosial facebook sebagai sarana promosi blog.
    perlu dicoba, mantap mas.

    ReplyDelete