Tuesday, June 25, 2019

Produk Informasi, Bisnis Paling Ideal Dijual di Internet

ebook produk informasi

Sebagaimana anda maklumi, bisnis melalui internet bisa meliputi bisnis barang ataupun jasa (informasi). Keduanya dilakukan tanpa kehadiran wujud fisik, melainkan berupa pesan baik tulisan maupun gambar. Dalam konteks ini, internet lebih berfungsi sebagai media promosi.

Hanya saja terdapat beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh suatu produk untuk bisa laku di pasaran internet:

Pertama. Produk tersebut tidak tersedia secara offline. Dan jika memang ada, akan lebih baik jika produk itu dijual dengan harga yang lebih rendah.

Kedua. Produk tersebut harus bisa diterapkan di dunia web. Apakah mereka yang ada di Jakarta, Bali, Medan dan kota-kota lainnya akan merasa tertarik dengan produk tersebut? Dan bisakah produk tersebut dengan cepat didistribusikan di manapun mereka berada?

Ketiga. Dan tentu saja, sama seperti semua produk yang lain, produk tersebut harus bisa memecahkan masalah tertentu atau mampu memenuhi kebutuhan pemakai.

Jika ketiga kriteria di atas sudah bisa dipenuhi, maka anda sudah memiliki awal bisnis yang baik. Jika pemilihan produk anda tidak memenuhi kriteria di atas, jangan buang waktu, uang atau energi dengan mencoba memasarkannya secara online. Percayalah, hasilnya akan sia-sia.

Lalu jenis produk seperti apa yang paling ideal untuk dijual di internet? Jenis produk apa yang memenuhi tiga kriteria di atas? Jenis produk yang paling ideal untuk dijual di internet adalah produk informasi. Mengapa demikian?

Ada empat alasan mendasar produk informasi sangat ideal untuk dijual di internet :

  • Setiap saat jutaan orang menjelajahi internet. Dan yang mereka cari adalah informasi.
  • Informasi mudah diproduksi. Jika anda bisa membaca dan menulis, dan tahu tentang sesuatu hal, anda bisa memproduksinya dalam waktu yang relatif singkat. Tidak memungut biaya apapun kecuali dari waktu dan pikiran anda.
  • Informasi dapat diberikan dengan jangkauan seluas-luasnya. Tidak peduli apakah anda menulis artikel sebanyak 3 atau 300 halaman mengenai subjek tertentu, anda tetap bisa memasarkannya sampai ke mana saja.
  • Hal terbaik dari produk informasi adalah setiap orang menginginkannya! Mungkin tidak semua orang menginginkan informasi yang sama, tapi setiap orang menginginkan informasi tertentu.

Produk informasi yang bisa diaplikasikan pada otomatisasi internet atau produk digital sangat luas dan bermacam-macam. 

Ledakan Produk Informasi


Setelah menjadi fenomena utama di akhir 1990-an, internet telah mengubah hidup seperti yang kita kenal. 

Komunikasi, perjalanan, musik, belanja pemerintah, pengecer besar dan kecil telah menggunakan internet sebagai cara menjual kepada pelanggan di seluruh negeri dan di seluruh dunia.

E-commerce telah tumbuh secara eksponensial selama dekade terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda menurun.

Sebanyak 40 persen pengguna internet dunia, lebih dari 1 miliar orang, berbelanja online setidaknya sekali.

Dan penjualan online bisnis ke konsumen di seluruh dunia adalah $ 1,7 triliun pada 2015, dan itu tumbuh menjadi $ 2,35 triliun pada akhir 2016.

E-tailer besar seperti Amazon dan eBay, serta pengecer tradisional seperti Walmart, telah menggunakan model bisnis online dengan sungguh-sungguh.

Sekalipun mereka mungkin mendominasi industri, tetapi tidak berarti tidak ada ruang untuk Anda. 

Faktanya, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk terlibat dalam penjualan online sebagai pebisnis tunggal. 

Jauh lebih mudah menghasilkan uang dengan bisnis online daripada memiliki toko bangunan dan petasan. Risiko, investasi, dan waktu yang dihabiskan jauh lebih kecil.

Seiring dengan semua aktivitas e-commerce, maka telah tumbuh cara baru untuk membuat dan menjual produk. Dan itu merupakan cara termudah, paling hemat biaya, dan seringkali paling menguntungkan untuk mengoperasikan bisnis online. 

Inilah yang saya maksud cara menghasilkan uang dengan menjual produk informasi secara online.

Industri Penerbitan Informasi dan Pemasaran


Sebelum kita terjun ke penerbitan digital secara khusus, mari kita lihat pemasaran informasi dan industri penerbitan informasi secara keseluruhan. 

Meskipun menjual produk informasi secara online relatif baru, industrinya tidak baru.

Gagasan mengemas pengetahuan, informasi, dan keahlian menjadi produk yang dapat dijual telah ada sejak lama. 

Ketika penerbitan cetak pertama kali muncul, orang menulis buku "bagaimana caranya". Dan ketika teknologi kaset audio tersedia, mereka merekam informasi dalam bentuk audio, dll. 

Gagasan untuk membuat konten informatif dan mengemasnya menjadi sesuatu yang dapat Anda jual bukanlah hal baru, tetapi gagasan untuk dapat melakukannya secara online telah membuka akses ke industri ini menjangkau lebih banyak orang dan telah membuat peluang lebih mudah diakses.

Apa itu Produk Informasi Digital?


Produk informasi dapat berupa bentuk format. Tetapi pada intinya, produk seperti ini harus menyampaikan saran yang bermanfaat kepada konsumen. 

Terlepas dari namanya, orang tidak hanya menginginkan informasi. Mereka mendambakan tips dan strategi untuk membuat hidup mereka lebih baik. 

Mereka menginginkan bimbingan. Dan itulah yang disediakan oleh produk informasi terbaik, apakah itu video, ebook, audio, webinar, situs web keanggotaan. 

Walaupun CD atau DVD atau buku cetak secara teknis merupakan produk informasi, tulisan ini hanya memfokuskan pada produk-produk yang dikirimkan secara elektronik, biasanya melalui unduhan atau situs web keanggotaan aman. 

Misalnya, eBook dalam format PDF, video di situs yang dilindungi kata sandi, atau rekaman audio yang diunduh dari situs web Anda. 

Alasan untuk ini adalah karena dengan cara ini pelanggan Anda dapat memesan produk kapan saja siang atau malam, dari mana saja di dunia, dan mendapatkan produk mereka secara instan, tanpa Anda terlibat dalam transaksi. 

Ini adalah uang saat Anda tidur. Dan karena Anda secara fisik tidak mencetak atau mengirim apa pun; hampir tidak ada biaya untuk Anda. 

Tentu, Anda harus menangani layanan pelanggan dan mengawasi penjualan. Tapi itu jauh lebih mudah daripada harus melacak dan mengirim pesanan.

Mengapa Anda Harus Menjual Produk Informasi Digital Online? 


Ada beberapa keunggulan lebih dengan produk informasi digital. 
  • Mereka mudah dan murah untuk dibuat. Anda dapat membuat produk informasi digital hanya menggunakan waktu dan energi mental Anda. Gratis, Anda hanya butuh ide untuk membuat eBook, video, audio atau menyiapkan webinar. 
  • Gratis untuk menyimpannya. Karena produk-produk ini digital, mereka hanya ruang di server, di komputer Anda (pastikan untuk membuat cadangannya), atau di cloud.

Cara Menemukan Pasar yang Menguntungkan Untuk Produk Informasi


Jadi bagaimana cara membuat produk informasi Anda sendiri, dan memastikan mereka akan menjadi buku terlaris? 

Langkah pertama adalah penelitian. 

Anda perlu mengikuti tren dan mencari tahu apa niche pasar online yang paling menguntungkan saat ini dan format apa yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan itu.

Tempat yang bagus untuk memulai adalah dengan minat Anda sendiri. Jika Anda dapat mencocokkan bisnis yang menguntungkan dengan minat, Anda siap. 

Jadi mulailah dengan minat yang Anda miliki. 

Langkah kedua adalah mulailah memeriksa secara online untuk melihat apakah Anda satu-satunya yang menyukai. 

Untuk produk informasi khususnya, Anda dapat memeriksa situs Clickbank.com, yang digunakan untuk spesialisasi dalam produk informasi. 

Anda akan menemukan banyak kategori di situs tersebut. 

Anda akan mengetahui apakah ini tren yang layak dengan potensi penjualan atau tidak.

Anda juga harus meneliti jenis produk apa yang ditawarkan, topik yang dibahas, harga. Ini juga merupakan data pasar penting yang dapat Anda gunakan untuk memandu saat Anda membuat dan menjual produk informasi serupa Anda sendiri. 

Anda tidak menjiplak atau menipu, melainkan untuk mendapatkan inspirasi. 

Prospek Anda mengikuti tren dan menggunakan mode, Anda juga harus mengikutinya. Setidaknya sampai tren berikutnya muncul. 

Langkah terakhir, setelah Anda menemukan pasar yang Anda sukai dan juga menguntungkan, saatnya untuk benar-benar menciptakan produk untuk pasar ini.

Cara Membuat Produk Informasi Digital


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa konten, apa pun formatnya, harus menjadi saran yang bermanfaat. 

Anda dapat membuat panduan cara, strategi, kiat, dan trik. Berikan sesuatu yang tidak bisa didapatkan oleh prospek sendiri. 

Untuk eBooks, majalah, dan produk sejenis, Anda dapat membuatnya di Microsoft Word atau Google Docs dan kemudian menyimpannya sebagai PDF. 

Untuk sampulnya, cari freelancer di situs seperti Fiverr.com untuk membuat sampul yang terlihat profesional untuk Anda dengan sedikit uang - hanya dengan $ 5. 

Ini akan memberi produk Anda tampilan dan nuansa yang sangat profesional. 

Untuk merekam video, Anda dapat menggunakan ponsel cerdas atau kamera titik-dan-klik sederhana. 

Setelah Anda memiliki file film "mentah", Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan video yang intuitif seperti iMovie (jika Anda memiliki Mac) atau Windows Movie Maker untuk membuat video Anda sendiri yang diedit dengan bersih. 

Pilihan yang sangat populer untuk membuat video adalah membuat presentasi slide Power Point kemudian menggunakan perangkat lunak perekaman layar untuk video slide Anda saat Anda presentasi. 

Anda juga dapat menampilkan browser web atau aplikasi perangkat lunak lain juga. 

Ini bagus untuk orang-orang yang terlalu malu berada di depan kamera tetapi ingin memanfaatkan kekuatan video. Opsi perangkat lunak populer termasuk Camtasia dan Screenflow. 

Audio juga sederhana. Cukup gunakan GarageBand (jika Anda memiliki Mac) atau aplikasi Perekam Suara di Windows Media Player untuk merekam suara Anda plus mikrofon. 

Anda juga dapat menggunakan aplikasi rekaman suara pada ponsel cerdas Anda untuk merekam audio juga. 

Jika Anda khawatir karena Anda bukan seorang ahli, Anda dapat memasang iklan informasi. 

Ada dua cara untuk melakukan ini. 

Pertama, Anda dapat membayar orang lain untuk menulis sebuah ebook untuk Anda.

Kedua, Anda dapat membeli hak atas produk yang sudah ada dan mengubah nama mereka menjadi milik Anda. 

Jenis-jenis produk ini disebut produk label hak pribadi dan Anda dapat mengambil file asli dan meletakkan nama Anda di atasnya, dan membuat banyak perubahan tambahan atau pembaruan kepada mereka sesuai keinginan Anda. 

Kuncinya adalah Anda tidak harus menjadi ahli untuk membuat dan menerbitkan produk informasi.

Cara Memasarkan Produk Informasi 


Dalam banyak hal, tidak peduli seberapa jauh kita telah sampai pada teknologi dan penjualan online, prinsip pemasaran dan psikologi konsumen yang sama juga berlaku. Dan itu pasti masalahnya dengan usaha online Anda. 
  • Pemasaran respons langsung 
Saat ini konten surat, selebaran dan katalog dikirim tanpa perlu menghabiskan banyak uang ketika Anda melakukan pemasaran respons langsung secara online. 

Pemasaran email adalah metode yang hampir gratis untuk mencapai penjualan produk Anda. Dan itu akan menjadi dasar dari upaya pemasaran Anda. 

Ide dasarnya adalah membuat daftar pelanggan email dengan cara mengirim mereka konten. 

Anda mengirim kedua konten yang bermanfaat, yaitu (1) informasi berharga gratis yang terkait dengan produk atau niche Anda, (2) penawaran untuk membeli produk. 

Dengan mengirimkan mereka konten gratis akan mempercepat proses mereka mengetahui, menyukai, dan cukup mempercayai Anda untuk membeli produk berbayar Anda. 

Hasilnya boleh jadi hanya sebagian kecil orang yang akan merespons. Tapi begitulah cara respons langsung bekerja. 

Untuk membangun daftar email, Anda dapat menggunakan berbagai metode. 
  • Optimisasi Mesin Pencari (SEO): Singkatnya, Anda menggunakan konten yang berharga di situs web atau blog Anda untuk menarik perhatian Google dan mendapatkan daftar tinggi dalam hasil pencarian. 
  • Iklan berbayar: Apakah Anda menggunakan iklan bayar per klik Google sendiri atau iklan banner atau menjalankan iklan di jaringan blog, ini bisa menjadi opsi yang layak, walaupun mahal. 
  • Media Sosial: Jaringan seperti Facebook sangat berharga dalam menjangkau basis pelanggan yang ditargetkan akhir-akhir ini. 

Jadikan Satu 

Seperti yang Anda ketahui, produk-produk informasi menghasilkan bisnis online yang sempurna. Mereka digital, mudah dibuat dan dikirim. Dan margin keuntungan sangat besar. 

Jadi langkah selanjutnya ... 
  • Temukan niche Anda - pastikan memiliki potensi terlaris. 
  • Cari tahu format mana yang paling cocok untuk niche Anda: audio, video, ebook, dll. 
  • Buat produk informasi Anda. 
  • Buat daftar email dan pasarkan ke daftar itu. 
  • Keuntungan! 

Catatan terakhir, cara sederhana lainnya untuk menghasilkan uang secara online adalah menjual produk informasi digital sebagai afiliasi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

Post a Comment

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
banner

Delivered by FeedBurner