Berbisnislah dengan cara yang diridai Allah

Dengan mendaftar, Anda akan mendapatkan artikel Cara Bisnis di Internet yang diridai Allah

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner

Raih Sukses dengan Takwa

Raih Sukses dengan TakwaAllah SWT adalah sandaran bagi orang-orang yang beriman kepada-Nya. Apa pun latar belakang Anda, maka jika Anda beriman kepada-Nya, Allah pasti menunjuki Anda kepada suatu kebaikan. Pada saat ini, begitu banyak orang yang akan berbuat sesuatu bisnis tetapi mengabaikan Allah SWT.

Andaikan Anda meyakini bahwa Dia adalah Tuhan Anda, mengapa Anda membiarkan segala firman-Nya? Persoalan Anda dalam bisnis sesungguhnya disebabkan Anda tidak pernah ada keyakinan bahwa semua itu karena Anda bersikap dan berbuat tidak meyakini ada-Nya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Dunia bisnis penuh dengan intrik dan tipu daya disebabkan oleh keinginan nafsu meraih keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa mengindahkan bagaimana seharusnya dijalankan sesuai kaidah yang berlaku secara legal dan sah ada-Nya. Akankah dapat menjamin bahwa sebuah usaha legal dijalankan secara ilegal berada di dalam kesejahteraan yang abadi tanpa sebuah kehancuran?

Pertanyaan semacam ini berasal dari kenyataan yang menjadi sebuah trend yang dianggap merupakan sesuatu yang lumrah. Budaya kotor yang seharusnya tidak dilakukan, dengan tanpa merasa akan menjadikan kemerosotan moralitas dan, pada gilirannya, akan menghancurkan akhlak termasuk kesejahteraan aslinya sebagaimana yang dikehendaki Allah, sangat tersebar di belahan dunia.

Anda tak mungkin menjadi seorang muslim sejati dengan basis usaha yang Anda jadikan melalui budaya kotor tersebut. 

Allah SWT ada di dalam wilayah yang Anda tak mungkin mengetahui-Nya. Sekali pun akal Anda cerdas mampu mengelabui hati Anda, Allah Maha Mengetahui. Apa pun yang Anda lakukan bila tidak menghindarkan dari budaya kotor, maka pasti kehancuran usaha Anda tak dapat disangkal!

Anda seharusnya tidak perlu membohongi diri sendiri! Akankah apa yang Anda perbuat tidak berdampak kepada diri sendiri? Pasti tak ada sesuatu yang tidak dapat berdampak kepada sesuatu yang lain bila sudah berada pada tingkat diperkuat dengan kekuasaan Allah. Kekuasaan Allah berlaku tanpa pandang Anda anak siapa dan dari keturunan siapa. Semua berlaku sama di hadapan Allah.

Anda takwa, Allah pasti memuliakan Anda. Anda jahat, Allah pasti menghukum Anda. Anda bukan tidak akan ditunda sampai menanti hari dibangkitan dalam hal pembalasan Allah. Berlaku hukum alam. Bila Anda baik, maka orang pun baik kepada Anda. Bila Anda jahat, maka orang lain pun tahu Anda jahat. 

Bila Anda jahat, menurut Anda, apakah banyak orang yang mengandalkan Anda selain mereka yang jahat juga? Allah SWT Maha Penyayang kepada hamba-Nya yang patuh dan ta'at kepada-Nya. Jika Anda mengikuti perintah dan menjauhi larangan-Nya (berbuat keburukan, kejahatan, kebobrokan moral dan sejenisnya), maka Allah pun pasti sayang kepada Anda. Allah SWT pasti membimbing Anda kepada jalan-Nya yang lurus.

Perbuatan baik Anda akan diganjari oleh Allah dengan pemberian yang berlipat ganda. Akan tetapi, bila Anda jahat, maka Allah SWT pasti membalas kejahatan Anda sepadan dengan apa yang telah anda perbuat.

Anda berbisnis apa pun sepanjang mengikuti ketentuan Allah, maka bisnis Anda memiliki nilai yang sangat bermanfaat bagi Anda dan orang lain. Kekayaan Anda sangat bersih dari kekotoran. Kotor pasti tidak bersih. Bila kotor, bukan saja orang lain terkena dampaknya, juga Anda sendiri.

Anda menjadi kaya dengan bisnis kotor, tetapi Anda dan keluarga Anda serta relasi Anda pun terkena akibatnya. Bila Anda kaya, tapi istri Anda sakit, sampai tidak ditemukan apa jenis penyakitnya oleh seorang dokter ahli sekali pun, apa yang dapat Anda perbuat?

Anda beranggapan bahwa penyakit istri Anda murni karena penyakit yang menyerang organ tubuhnya, bukan karena dari harta yang Anda pergunakan untuk makan dan minum keluarga. Anda boleh saja berpendapat begitu. 

Tetapi, bukti nyata bahwa istri Anda terkena penyakit yang tidak dapat ditangani oleh seorang ahli kedokteran. Lalu, jenis penyakit apa yang Anda ketahui? Anda pun bingung. Tidak tahu. Anda berprasangka jelek kepada yang menciptakan Anda. Anda mengumbar perkataan, bahwa Allah itu tidak sayang kepada Anda sekeluarga.

Anda lupa, bahwa justru Andalah yang memulainya memberikan anggota keluarga Anda dari harta yang kotor. Makanan yang Anda makan betul bersih dari pandangan lahir. Akan tetapi, makanan Anda sesungguhnya adalah makanan kotor secara hakiki yang masuk ke dalam perut Anda. Naudzu billahi min dzalik.

Allah SWT tidak akan menjerumuskan Anda bila senantiasa menjadi seorang yang bertakwa. Anda boleh berbisnis, tetapi jadilah pebisnis yang bertakwa. Sukses Anda tidak mempengaruhi keburukan kepada keluarga, tetangga, teman, saudara, relasi, dan banyak pihak lainnya.

Sebaliknya, Anda justru menjadi orang patut dicontoh dan teladan bagi umat Islam lainnya. Bahwa sukses Anda karena Anda orang yang selalu menjaga kedekatan Anda dengan Allah SWT. Perusahaan Anda berkibar dengan membawa keberkahan buat Anda dan orang lain. Anda sukses lahir dan batin. Peradaban dunia menyambut Anda sebagai orang yang sukses dengan takwa.

Kepedulian Berbagi:

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat
    terima kasih
    Keep semangat :)

    ReplyDelete
  2. Semoga Allah memantapkan taQwa di diri hamba yang lemah ini. Aamiin

    ReplyDelete