Berbisnislah dengan cara yang diridai Allah

Dengan mendaftar, Anda akan mendapatkan artikel Cara Bisnis di Internet yang diridai Allah

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner

Alur Distribusi Barang

Alur Distribusi Barang
Alur distribusi barang dagangan harus mengikuti ketentuan yang sudah dapat disepakati bersama. Pada pameran produk industri, anggap saja pasar anda untuk menjaring para peminat, anda diapit oleh pasangan produk perindustrian yang lain. Produk anda tidak asal dipamerkan, selain saling menjalin kerja sama di antara para penjual produk industri tersebut. Misalnya, produk industri anda adalah mobil mewah, sedangkan yang lain mobil produksi Jepang. Pameran adalah salah satu peluang yang dapat dipakai untuk saling berinteraksi dengan para pemilik produk. Arah penyaluran produk ditetapkan agar tidak saling bertubrukan di pasar, sehingga menimbulkan persaingan tidak sehat. Miliki pedoman pemetaan alur pendistribusian produk dagang untuk menjadi pegangan dalam perencanaan penjualan barang.

Kemudahan yang dibangun melalui kesepakatan akan berdampak terhadap kemajuan perusahaan anda. Perusahaan anda bukan satu-satunya yang menjual produk yang sama di bidang perindustrian atau bidang lainnya. Dengan kesepakatan, berbagai kebutuhan untuk menyalurkan produk akhirnya dapat memberi kelancaran dalam berdagang. Masalah ini harus dapat diagendakan dalam pertemuan dengan dewan komisaris di perusahaan anda. Jangan biarkan perusahaan yang anda pimpin menjadi pesaing dengan perusahaan yang lain secara tidak sehat. Melalui internet, perusahaan anda juga dapat mengadakan hubungan kerja sama dengan para peminat pendistribusian produk. Syukur bila perusahaan sudah memiliki tempat pemasaran sendiri di berbagai lokasi yang tersebar.

Anda sebetulnya lebih memahami manajemen perusahaan, akan tetapi perubahan sikap yang terjadi setiap saat karena pengaruh global, akan berakibat buruk terhadap stabilitas jiwa anda. Tulisan ini hanya sebatas mengingatkan agar dapat mengendalikan emosi yang muncul seketika. Kecerdasan bersikap dan berperilaku lebih baik daripada kecerdasan otak. Anda boleh jadi pandai otaknya, tetapi bila perangainya seperti keranjingan (kemasukan) setan, maka akan buruk akibatnya. Alur distribusi barang sangat menentukan keberhasilan pemasaran barang perusahaan. Dengan sikap dan perbuatan yang baik, tentu saja akan berbuah alami, persis sebuah tanaman yang dipupuk dengan pupuk alami, bukan buatan. Hasilnya pasti berbeda. Anda pasti dapat menikmati buah yang diperlakukan dengan pupuk alami daripada dengan pupuk buatan.

Andaikan anda manajer perusahaan yang anda pegang, maka anda pasti berharap keuntungan perusahaan dapat mengembangkan produk lebih besar lagi. Omzet penjualan produk dianalisa berdasarkan alur distribusi produk ke pasar atau konsumen. Anda pasti mengalami kerugian, bila produk tidak terdistribusikan dengan lancar. Hambatan dan ancaman adalah masalah yang tidak dapat dihindarkan untuk ditemukan pemecahannya. Alur mana yang mengalami gangguan, adakah hambatan dari dalam yang menyebabkan laju penyaluran barang tidak lancar, atau adakah ancaman luar yang menghambat? Semua dianalisa untuk menghilangkan persoalan yang muncul dalam pendistribusian barang. Inilah yang disebut dengan pelajaran berdampak hasil.

Anda lebih baik mencegah terjadinya permasalahan daripada mencari pemecahan masalah. Diupayakan agar tidak muncul persoalan yang sangat berat. Anda harus teliti dalam menempatkan alur distribusi barang mengingat persaingan akan peredaran produk dari berbagai perusahaan. Produk anda harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Apabila memungkinkan, anda harus menemukan metode yang paling efektif untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Paling tidak, perlu dipikirkan adanya pertukaran SDM antar perusahaan yang baik hati.

Koalisi perdagangan dengan perusahaan lain penting untuk diagendakan dalam sidang dewan komisaris perusahaan. Pilih perusahaan yang sangat baik dalam proses kerjasama. Adakan secara intensif komunikasi perusahaan dengan akal sehat, bukan menanamkan perencanaan yang jahat dalam perebutan pasar dengan perusahaan lain. Kerja sama dimaksudkan agar kedua perusahaan dapat mengadakan tawaran peluang yang dianggap terbaik dalam pertukaran staf terbaik dan dapat juga dalam teknis pendistribusian produk. Upaya-upaya yang dapat menghambat atau mengancam kelancaran harus menjadi pembicaraan dan dicari kemungkinan pemecahannya. Anda sendiri sebagai pimpinan harus secara bijak dapat menunjuk beberapa SDM yang berkualitas. Pikiran, sikap, dan perilaku staf anda harus memiliki kualitas sebagai bagian yang dapat mewakili citra positif perusahaan anda.

Penting untuk dicatat, bahwa perusahaan yang bersih dari peluang korupsi agar diagendakan untuk disampaikan dalam setiap kesempatan dengan memberikan sanksi yang sangat tegas. Dalam alam yang sangat korup dari berbagai peluang yang ada, jangan dibiarkan kesempatan staf atau pimpinan setiap bagian melakukan tindak korupsi. Sebaliknya, anda dapat memberi penghargaan kepada siapapun yang bekerja dengan baik sebagaimana ditetapkan sejalan dengan kualitas pribadi yang mengacu kepada ketentuan-ketentuan yang berlaku di perusahaan.

Oleh karena itu, anda harus memberikan pelatihan dan penyegaran terhadap SDM yang ada. Dengan cara mengadakan pelatihan dan penyegaran, maka akan diperoleh staf yang sangat handal baik kualitas pribadi maupun pemahaman terhadap tujuan perusahaan. Sekiranya ada peluang untuk menaikkan jabatan kepada mereka yang berhasil menunjukkan prestasi kerja, maka perlu diberikan. Perusahaan yang sangat memperhatikan staf, akan berada pada status perusahaan yang sangat dihormati dan sukses.

Kepedulian Berbagi:

1 komentar:

  1. Wah nampaknya bapak sangat menguasai bidang ini terlihat dari artikel postingan bapak diatas, terus posting artikel yang bermutu untuk blog ini pak agar dapat di nikmati informasinya oleh orang yang membutuhkannya.

    ReplyDelete