Berbisnislah dengan cara yang diridai Allah

Dengan mendaftar, Anda akan mendapatkan artikel Cara Bisnis di Internet yang diridai Allah

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner

Manajemen Bisnis Online

Bisnis merupakan suatu usaha yang dapat memberikan keuntungan bila dijalankan dengan pengelolaan yang baik. Siapa yang menjalankan, barang atau jasa apa yang dikelola, bagaimana menjalankannya, dengan metode apa, media apa yang dibutuhkan, siapa sasarannya, strategi apa yang diperlukan dan hal-hal lain yang mendukung merupakan komponen-komponen yang sangat menentukan keberhasilan suatu bisnis. Pendek kata, membangun suatu bisnis membutuhkan manajemen.

Ketentuan ini berlaku baik bagi bisnis konvensional maupun online. Bedanya, dalam bisnis online biasanya menuntut pengetahuan tambahan dalam bidang teknologi informasi dan produk yang akan ditawarkan. Pada umumnya, produk bisnis di dunia maya adalah informasi. Kalaupun ada dalam bentuk barang yang dipromosikan melalui internet, transaksi jual-belinya dilakukan secara konvensional (ini tidak termasuk bisnis online). Tetapi, yang jelas, sebagaimana bisnis konvensional, bisnis online memerlukan pengelolaan yang baik.

Ketika kita memutuskan untuk berbisnis melalui internet, maka yang perlu kita persiapkan di antaranya adalah manusia, komputer, akses ke internet, produk dan, tentu saja, dana operasional. Yang dimaksud manusia di sini adalah kita sendiri atau orang lain yang membantu kita yang memiliki, walaupun sedikit, pengetahuan teknologi informasi, bisnis dan manajemen. Tetapi, Kalau kita sudah mengenal komputer dan dapat akses ke internet, sebenarnya sudah cukup menjadi modal dasar untuk menjalankan bisnis melalui internet.

Dengan modal dasar tersebut, selanjutnya kita bisa menentukan produk bisnis. Produk apa yang akan kita pilih bergantung kepada minat kita dan yang diminati banyak orang. Karena secara umum produk online bersifat informatif, maka produk yang kita jual harus memuat pengetahuan tentang petunjuk teknis yang dapat membantu calon pembeli memahami "bagaimana caranya?", seperti bagaimana caranya menghasilkan uang melalui internet, bagaimana caranya "hobi saya" dapat menghasilkan uang melalui internet dll.

Sejumlah informasi itu kemudian dikemas dalam satu paket menjadi buku panduan. Buku inilah yang akan kita jual. Sehubungan jualan bukunya tidak secara konvensional, tetapi melalui elektronik, maka buku ini disebut dengan buku elektronik (ebook). Pengetahuan mengenai bagaimana membuat buku elektronik berarti menyentuh pengetahuan teknologi informasi.

Pengetahuan teknologi informasi, juga pengetahuan-pengetahuan lainnya yang kontributif terhadap keberhasilan bisnis online, dapat dipelajari secara bertahap. Dari persiapan membuat ebook sampai memasarkannya melalui internet. Tetapi, yang ingin saya tekankan di sini pada intinya adalah bisnis yang berhasil tidak mungkin tercapai bila tidak didukung dengan manajemen yang baik.

Kepedulian Berbagi:
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment