-->

Saturday, September 29, 2018

Manajemen Bisnis Online Sangat Menentukan Keberhasilan

Manajemen Bisnis Online

Bisnis merupakan suatu usaha yang dapat memberikan keuntungan bila dijalankan dengan pengelolaan yang baik. Siapa yang menjalankan, barang atau jasa apa yang dikelola, bagaimana menjalankannya, dengan metode apa, media apa yang dibutuhkan, siapa sasarannya, strategi apa yang diperlukan dan hal-hal lain yang mendukung merupakan komponen-komponen yang sangat menentukan keberhasilan suatu bisnis. Pendek kata, membangun suatu bisnis membutuhkan manajemen.

Ketentuan ini berlaku baik bagi bisnis konvensional maupun online. Bedanya, dalam bisnis online biasanya menuntut pengetahuan tambahan dalam bidang teknologi informasi dan produk yang akan ditawarkan. Pada umumnya, produk bisnis di dunia maya adalah informasi. Kalaupun ada dalam bentuk barang yang dipromosikan melalui internet, transaksi jual-belinya dilakukan secara konvensional (ini tidak termasuk bisnis online). Tetapi, yang jelas, sebagaimana bisnis konvensional, bisnis online memerlukan pengelolaan yang baik.

Terkait: Produk Informasi, Bisnis Paling Ideal Dijual di Internet

Ketika kita memutuskan untuk berbisnis melalui internet, maka yang perlu kita persiapkan di antaranya adalah manusia, komputer, akses ke internet, produk dan, tentu saja, dana operasional. Yang dimaksud manusia di sini adalah kita sendiri atau orang lain yang membantu kita yang memiliki, walaupun sedikit, pengetahuan teknologi informasi, bisnis dan manajemen. Tetapi, Kalau kita sudah mengenal komputer dan dapat akses ke internet, sebenarnya sudah cukup menjadi modal dasar untuk menjalankan bisnis melalui internet.

Dengan modal dasar tersebut, selanjutnya kita bisa menentukan produk bisnis. Produk apa yang akan kita pilih bergantung kepada minat kita dan yang diminati banyak orang. Karena secara umum produk online bersifat informatif, maka produk yang kita jual harus memuat pengetahuan tentang petunjuk teknis yang dapat membantu calon pembeli memahami "bagaimana caranya?", seperti bagaimana caranya menghasilkan uang melalui internet, bagaimana caranya "hobi saya" dapat menghasilkan uang melalui internet dll.

Sejumlah informasi itu kemudian dikemas dalam satu paket menjadi buku panduan. Buku inilah yang akan kita jual. Sehubungan jualan bukunya tidak secara konvensional, tetapi melalui elektronik, maka buku ini disebut dengan buku elektronik (ebook). Pengetahuan mengenai bagaimana membuat buku elektronik berarti menyentuh pengetahuan teknologi informasi.

Pengetahuan teknologi informasi, juga pengetahuan-pengetahuan lainnya yang kontributif terhadap keberhasilan bisnis online, dapat dipelajari secara bertahap. Dari persiapan membuat ebook sampai memasarkannya melalui internet. Tetapi, yang ingin saya tekankan di sini pada intinya adalah bisnis yang berhasil tidak mungkin tercapai bila tidak didukung dengan manajemen yang baik.

Manajemen yang baik, tentu saja, dapat berfungsi dengan baik. Apa fungsi manajemen dalam bisnis online?

Fungsi Manajemen Bisnis Online


Secara umum, fungsi manajemen itu terbagi ke dalam tiga bagian:

#1. Perencanaan 


Makna perencanaan adalah menentukan tindakan apa yang harus dilakukan dalam bisnis online sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. 

Unsur-unsur yang terdapat di dalam manajemen, seperti manusia, uang (modal), materi (bahan), mesin, metode, dan pasar harus dapat ditetapkan sesuai fungsinya masing-masing di awal rumusan kerja untuk perencanaan.

Sebagai contoh seseorang calon pebisnis online (manusia) dengan sejumlah modal yang ada (uang) dapat memanfaatkan hasil pemikirannya untuk dituangkan ke dalam format WS di laptop (mesin) menjadi sebuah buku elektronik dalam format Pdf (metode) untuk dipasarkan secara online kepada calon pelanggan (pasar).

#2. Pengorganisasian 


Istilah ini lebih menunjuk kepada pemahaman bagaimana cara menatakelola atau mengatur bisnis online sebagaimana yang telah direncanakan agar berjalan dengan mudah dan lancar.

Misalnya lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Menentukan apa yang akan dijual, contoh yang sangat ideal dijual di internet adalah produk informasi, seperti ebook.
  • Membuat website jualan online. Atau kita dapat menyebutnya lapak online yang nantinya digunakan sebagai tempat jualan online atau berpromosi di internet.
  • Promosi online. Setelah website jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Isilah website dengan konten yang meyakinkan.

#3. Pengarahan


Fungsi ketiga manajemen bisnis online ini berorientasi pada kemampuan mengarahkan apa yang sudah direncanakan dengan tata kelola kepada sasaran yang hendak dicapai.

Misalnya, setelah menentukan produk yang akan dijual adalah ebook, maka yang pastinya harus diperhatikan adalah konten dari ebook. Konten apa yang sangat dibutuhkan oleh para pembaca, misalnya tutorial tentang cara menghasilkan uang lewat internet.

Selain konten, juga tampilan dari ebook itu sendiri. Pemilihan cover yang menarik merupakan contoh yang harus diperhatikan.

Selanjutnya, ebook yang telah dipilih baik konten maupun tampilannya, adalah menentukan lapak online sebagai tempat jualan ebook. 

Karena kita hendak memanfaatkan media internet atau berjualan via online, maka secara teknis langkah-langkah cara jualan online-nya adalah:
  1. Pada saat tahap awal, cobalah berjualan lewat pasar online (situs marketplace), situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.
  2. Ketika Anda sudah ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat website sendiri.
Untuk penjelasan yang pertama, contohnya adalah jualan online lewat media sebagai berikut:
  • Pasar online (situs marketplace) – Bukalapak, Tokopedia, OLX, dll.
  • Situs media sosial – Facebook, Twitter, Instagram.
  • Aplikasi social chat – BBM, LINE, WhatsApp, Telegram.
Untuk penjelasan langkah kedua, yakni dengan membuat website sendiri, tujuannya untuk menjadikan website sebagai lapak online atau workshop RESMI usaha di dunia maya.
Keuntungannya, jika sudah memiliki website sendiri, selanjutnya bisa dijadikan sebagai PUSAT tempat rujukan ketika hendak berpromosi online lewat media sosial, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.
Jadi ketika memposting status di situs social media, forum, dll, akan menjadi semakin lebih menarik jika di bagian bawah status tersebut diberi link menuju situs kita.
Dan, itulah yang juga disebut sebagai upaya untuk promosi.
Demikian, penjelasan tentang Manajemen Bisnis Online yang dapat menentukan keberhasilan. Semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

7 komentar

avatar

Does your site have a contact page? I'm having trouble locating it but,
I'd like to send you an email. I've got some recommendations for your blog you might be interested in hearing.
Either way, great site and I look forward
to seeing it improve over time.

avatar

I always used to study article in news papers but now as
I am a user of internet thus from now I am using net for
posts, thanks to web.

avatar

Hmm is anyone else having problems with the pictures on this blog loading?
I'm trying to figure out if its a problem on my end or if it's the
blog. Any feedback would be greatly appreciated.

avatar

If you would like to get a great deal from this article then you have to apply these
techniques to your won webpage.

avatar

hello there and thank you for your info – I have certainly picked up something new from
right here. I did however expertise a few technical issues using this site, since I
experienced to reload the website many times previous to I could get it to load correctly.
I had been wondering if your hosting is OK? Not that I'm complaining, but slow
loading instances times will very frequently
affect your placement in google and could damage your high quality score if advertising and marketing with Adwords.

Well I am adding this RSS to my e-mail and can look out for a lot
more of your respective fascinating content.
Ensure that you update this again very soon.

avatar

Aw, this was an exceptionally good post. Taking a few minutes and actual effort to make a superb article… but what can I say… I procrastinate
a lot and never manage to get anything done.


EmoticonEmoticon

Post a Comment

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner