-->

Wednesday, April 10, 2019

Memilih Platform Blog

Platform Blog


Masalah yang kebanyakan dihadapi para blogger pemula, ketika keinginan untuk membuat blog sangat kuat, adalah menentukan pilihan platform blog: Blogger atau Wordpress. Meskipun kedua situs memberikan pelayanan secara gratis, tetapi mereka masih bingung untuk memilihnya. Tulisan ini bermaksud membantu memberikan gambaran dengan membandingkan kekhasan masing-masing.


Blogger Berbeda dengan Wordpress


Wordpress yang saya maksud di sini bukan Wordpress.org, melainkan Wordpress.com. Saya tidak memasukkan di sini karena Wordpress.org merupakan suatu software yang harus Anda instal. Berbeda dengan Blogger dan Wordpress.com yang seluruh pekerjaannya dilakukan anda di belakang layar.

Tapi sebelumnya, mari kita lihat sekilas apa itu Blogger dan WordPress?

Apa itu Blogger?


Blogger adalah layanan blogging yang diakuisisi Google dari Pyra Labs pada tahun 2003. Dengan Blogger, Anda dapat membuat blog dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan akun Google saja.


Nama besar Google sendiri memiliki andil yang cukup besar dalam menarik minat penggunanya untuk membuat blog mereka pada platform Blogger.

Semua blog yang dibuat pada situs blogger.com sangat mudah untuk dikenali karena secara default blog tersebut akan memiliki nama domain dengan ekstensi (kecuali bila mereka menggunakan nama domain kustom).

Apa itu Wordpress com?


Berdasarkan data penggunaan CMS terbanyak, WordPress adalah pilihan yang cukup populer dengan persentase pengguna mencapai hampir 30 persen.

Software yang dibuat dan dikembangkan oleh Automattic ini memiliki dua varian yang bisa Anda temukan pada wordpress.com.

Sebagai penjelasan singkat, wordpress.com adalah versi gratis dari WordPress yang bisa Anda buat cukup dengan membuka akun pada situs wordpress.com. Semua blog yang terdaftar pada platform ini akan mudah dikenali dengan embel-embel wordpress.com pada nama domainnya.

Meski secara default dapat digunakan dengan cuma-cuma, akun gratis wordpres.com ini bisa diupgrade dengan biaya tertentu untuk membuka fitur-fitur tambahan seperti penggunaan custom domain atau bila Anda ingin menggunakan plugin dari repositori wordpres.com.

Berikut adalah paket wordpress.com yang dapat Anda gunakan.
  • Gratis (terbatas). 
  • Personal ($60/tahun) 
  • Premium ($132/tahun) 
  • Business ($429/tahun)
Untuk membandingkan wordpress.com dan blogger, kita akan melihat beberapa faktor yang mungkin bisa jadi pertimbangan dalam membuat blog pertama Anda.

1. Biaya


Tergantung untuk apa nantinya blog akan Anda gunakan, biaya mungkin akan menjadi faktor penting dalam memilih platform blogging pertamamu.

Dan berbicara masalah biaya, rasanya tidak ada yang bisa mengalahkan Blogger karena untuk menggunakannya benar-benar gratis, kecuali Anda ingin menggunakan custom domain pada blog Blogger.

Wordpres.com sendiri juga sebenarnya gratis, namun sayang bila dibandingkan Blogger ada banyak fitur penting yang hanya ada bila Anda mengupgrade akun wordpres.com Anda saja, seperti:
  • Penggunaan custom domain.
  • Menonaktifkan WordAds.
  • Monetisasi wordpres.com.
Bila Anda tidak menghendaki fitur-fitur tersebut, maka wordpress.com bisa menjadi pilihan Anda karena jujur tampilannya jauh lebih baik dibanding Blogger.

2. Kemudahan Pemasangan


Setiap orang dapat dengan mudah membuat sebuah blog di Blogger selama ia memiliki akun Google. Sama halnya dengan wordpress.com di mana Anda bisa langsung membuat blog hanya dengan membuat akun di situs resminya. Proses pembuatan blog pun cukup cepat dan bisa langsung digunakan saat itu juga.

3. Kustomisasi


Tidak semua blogger adalah coder ataupun desainer, tapi Anda juga pasti ingin agar blog yang kita buat bisa tampil dan berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan bukan?

Untuk masalah kustomisasi tema, baik Blogger, wordpres.com, maupun wordpress.org sama-sama dilengkapi dengan tema gratisan dan berbayar yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan blog.

Namun jujur, tema untuk wordpres.com jauh lebih variatif baik dari segi tampilan, desain, warna, hingga fungsinya. Selain itu, pilihan tema pada wordpres.com jauh lebih banyak dibandingkan Blogger.

Satu perbedaan besar pada perbandingan kustomisasi adalah plugin yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur atau fungsi pada sebuah situs. Untuk masalah yang satu ini, wordpres.com adalah juaranya dengan banyaknya plugin gratis ataupun berbayar (paket Business yang harganya lumayan mahal) yang bisa Anda gunakan.

4. Kepemilikan


Satu pertimbangan penting lainnya dalam memilih platform blogging yang akan Anda gunakan adalah masalah kepemilikan konten. Mempercayai Blogger dan wordpress.com artinya Anda mempercayai semua isi konten yang ada pada blog Anda nantinya kepada mereka, di mana Anda sangat terikat pada semua kebijakan yang ada pada layanan blogging tersebut.

Hal ini bisa sangat merugikan karena bila sewaktu-waktu layanan blogging ini menutup layanan mereka atau menghapus blog Anda, tidak banyak yang bisa Anda lakukan. Dan bila hal itu terjadi, sudah dipastikan karir blogging akan selesai pada platform tersebut.

5. Perawatan


Salah satu alasan terbaik untuk menggunakan layanan blogging gratisan seperti WordPress.com atau blogger adalah Anda tidak perlu repot untuk memasang dan melakukan maintenance blog. Dengan begitu Anda bisa berkonsentrasi untuk membuat konten atau mempercantik tampilan blog Anda.

Backingan dari Automattic dan Google sendiri cukup mumpuni dan memiliki nilai downtime yang rendah sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir untuk masalah perawatan blog.

6. Brandability


Blogger dan wordpress.com akan memberikan Anda satu nama domain gratis setiap kali Anda membuat blog pada platform tersebut. Namun sayangnya Anda hanya akan mendapat nama domain dengan ekstensi .blogspot.com atau .wordpress.com. Ini akan membuat blog yang kamu buat nampak umum dan tidak profesional.

Untuk mengatasinya Anda bisa saja menggunakan custom domain, namun kustomisasi yang melimpah pada wordpress.org akan menjadi pilihan yang lebih bagus untuk sebuah website bisnis.

7. Monetisasi blog


Monetisasi blog pasti ada di pikiran setiap blogger yang ingin membuat sebuah blog/website. Kalau bisa dapet uang sambil ngeblog kenapa nggak?

Untuk platform blogging gratisan, saya lebih memilih Blogger ketimbang wordpress.com. Ini karena wordpress.com tidak menerima layanan iklan dari pihak ketiga seperti AdSense. Meski ada layanan WordAds, ada syarat yang cukup berat untuk bisa menggunakannya seperti harus mengupgrade akun WordPress terlebih dahulu hingga batas jumlah pageview minimum.

Blogger sendiri jauh lebih longgar untuk urusan iklan. Selain itu, Blogger sudah terintegrasi dengan Adsense yang rasanya tidak aneh mengingat keduanya sama-sama dimiliki oleh Google.

Namun untuk kamu yang ingin membuka toko online, wordpress.org mungkin menjadi pilihan yang jauh lebih bagus dengan dukungan plugin e-commerce seperti WooCommerce.

Demikianlah artikel ini semoga dapat memberikan pencerahan untuk Anda dalam memilih platform blog.***
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post


EmoticonEmoticon

Post a Comment

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner