Berbisnislah dengan cara yang diridai Allah

Dengan mendaftar, Anda akan mendapatkan artikel Cara Bisnis di Internet yang diridai Allah

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner

Berjiwa Seni dalam Bisnis Online

Berjiwa Seni dalam Bisnis Online
Istilah jiwa menunjuk kepada hati. Maka, jika disebut berjiwa seni berarti hati tidak merasakan adanya kesedihan, melainkan jiwanya tenang dapat merasakan keagungan Allah dalam banyak hal. Adakah setiap jiwa punya seni? Jawabnya tentu saja ada. Itu adalah karunia Allah.

Adakah seni hanya pada bidang tertentu saja? Ternyata tidak, selain mencakup kepada banyak bidang kehidupan. Termasuk seni dalam berbisnis online. Karunia terbesar dari Sang Maha Pencipta ini tentu saja jangan dimandulkan oleh pemahaman yang salah. Jika tidak ada seni, maka hidup menjadi hampa. Semua bidang kehidupan saling melengkapi satu sama lain.

Adakah seni membuat terpedaya orang yang mengikutinya? Adalah tergantung kepada jiwa itu sendiri dalam merespon karunia dari Allah tersebut. Jika seni dapat bermafaat untuk banyak kalangan yang membutuhkan, maka seni tadi tidak merusak jiwa orang lain. Hanya seni yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah yang sangat dibutuhkan orang untuk menyadari akan kehebatan Allah dalam penciptaan saja yang dapat merusak.

Berjiwa seni dalam bisnis online sangat dibutuhkan agar bisnis itu tidak sunyi dan sepi. Bisnis adalah sebuah urusan yang banyak menyita waktu dan tenaga. Pikiran yang tercerahkan akan meresponnya dengan jiwa yang tenang dan nyaman. Jika tidak ada ketenteraman dalam jiwa, maka bisnis itu akan dapat menjadikan bagi pelakunya sulit merasakan akan keagungan Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pencipta.

Dalam dunia bisnis online terdapat banyak keahlian yang harus diperhatikan. Jika jiwanya kosong tidak mengingat Allah, maka pekerjaan berbisnis online hanya untuk mengisi waktu luang yang belum dapat menjamin dapat membahagiakan. Keterkaitan jiwa yang tenteram dengan jiwa yang merasakan adanya keberkahan di dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk bisnis online, sangat kuat. 

Bagi jiwa yang demikian, maka Allah swt sesungguhnya telah menetapkan pada jiwanya telah meraih kebahagiaan. Hidup tak lagi dipandang membebankan jiwanya, selain kepandaian bersyukur kepada Allah atas segala kenikmatan yang telah banyak dianugerhkan direspon melalui zikir yang tak pernah putus.

Adakah setiap jiwa dapat merasakan bagaimana Allah menganugerahkan kenikmatan, termasuk seni dalam berbisnis online? Semua terpulang kepada masing-masing jiwa itu sendiri. Akan tetapi, pada jiwa yang tenang, hal demikian bukan saja dapat merasakan, melainkan diberi kemampuan untuk mengaktualisasikan kenikmatan tadi. 

Ada tingkat kesulitan bagi yang belum mengenali jiwa yang tenang untuk merespon kemahabaikan Allah. Masih bertumpu kepada pemikiran untuk mengenalinya. Maka, keindahan yang tersajikan dalam kehidupan belum mampu direspon dengan rasa bersyukur. Berbisnis online adalah sebuah bidang kehidupan yang terlahir di zaman yang dipenuhi dengan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagi jiwa yang tenang, kehadirannya merupakan seni yang dapat dinikmati tanpa ada beban untuk dipikirkan. ***

Kepedulian Berbagi:
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment