Berbisnislah dengan cara yang diridai Allah

Dengan mendaftar, Anda akan mendapatkan artikel Cara Bisnis di Internet yang diridai Allah

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner

Rahasia Sukses di Dunia Bisnis

Rahasia Sukses di Dunia Bisnis
Ini tentu saja sangat didambakan oleh para pebisnis: "Sukses." Agak sulit orang (pebisnis) untuk menolak kenyataan tersebut. Anda tidak tertarik? Pasti Anda bukan pebisnis. Business man sangat berharap agar segala urusannya diberikan jalan kemudahan. Bagaimanakah rahasia sukses di dunia bisnis itu?

Ada tidaknya manusia pebisnis di dunia online yang sangat perhatian terhadap kualitas dirinya sangat beragam.

Paling tidak, untuk memahami bagaimanakah rahasia sukses berbisnis itu, statement di bawah ini patut untuk diperhatikan:

Bisnis yang sukses bukan disebabkan oleh diri sendiri semata-mata, melainkan terjadinya keterlibatan banyak kalangan. Akan tetapi, keterlibatan banyak pihak sesungguhnya hanya berada di luar lingkaran kualitas pribadi pebisnis. Sangat menentukan, tetapi tidak lebih besar pengaruhnya kecuali kualitas kondisi jiwa pebisnis itu sendiri.

Rahasia sukses seorang pebisnis ditentukan, pertama-tama, oleh kualitas kepribadian, jauh sebelum ada pengaruh dari dunia di luar dirinya. Artinya, sukses di dunia bisnis sangat dipengaruhi oleh pelaku bisnis online itu sendiri.

Selanjutnya, keterlibatan orang lain dapat mempengaruhi sukses bisnis, sekalipun bukan yang paling utama. Tetapi, keberadaannya tidak dapat dilirik hanya dengan sebelah mata.

Perhatian utama, yang sering kali diabaikan, adalah pengakuan akan pertolongan Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang tidak dapat dijauhkan dalam dunia bisnis.

Jika dapat dirumuskan, maka ada 4 (emapat) Rahasia Sukses Bisnis:

1. Bisnis online sukses karena kualitas pribadi pebisnis; 2. Kualitas diri pelaku bisnis disebabkan bagaimana jiwa (hati) ruhaniahnya; 3. Pebisnis online sukses tidak hanya oleh dirinya, melainkan adanya keterlibatan dari orang lain di luar dirinya; 4. Anda sukses karena Allah berkehendak Anda Sukses.

Keempat pokok pembicaraan itu, insya Allah dengan pertolongan Allah, akan dibahas di sini.

Rahasia Sukses Bisnis yang pertama adalah

Bisnis Online Sukses karena Kualitas Pribadi Pebisnis

Diri seorang pebisnis adalah "guru" bagi berhasil tidaknya bisnis online yang digelutinya. Sebagai "guru," maka bisnis akan berhasil jika guru itu dapat membimbing ke arah keberhasilan tersebut. Dari sini, dapatlah diterangkan bahwa keberhasilan sebuah bisnis berdasar kepada kepribadian "guru" itu sendiri.

Buah dari pengajaran "guru" akan berdampak kepada eksistensi manusia yang pebisnis tersebut. Ini adalah tahap yang sangat menentukan bagi manusia pebisnis. Jika "diri" yang menjadi gurunya ternyata cenderung kepada kejahatan, maka manusia pebisnis akan ditunjukkan bagaimana caranya (dengan kecenderungan jahat) agar suskses di dunia bisnis.

Pada tingkat awal (kodratiah), maka "diri' itu sesungguhnya diciptakan oleh Allah cenderung berbuat jahat. "Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. Yusuf: 53).

Status "guru," pada tahap awal belum menjamin lahirnya "sukses" dapat lepas dari kesalahan dan perbuatan jahat. Inilah yang patut untuk direnungkan. Maka, kecenderungan berbuat jahat itu tidak dapat dibiarkan, selain harus bersegera memohon kepada Allah akan ampunan-Nya. "Sukses," tetapi tidak diridai Allah sama sekali tidak berdampak positif pada keberadaan dirinya sebagai hamba Allah. Cobalah simak tulisan ini; Indahnya Berbisnis karena Allah.

Rahasia Sukses Bisnis kedua:

Kualitas Diri Pelaku Bisnis Disebabkan Bagaimana Jiwa (Hati) Ruhaniahnya

Kecenderungan diri selalu berbuat jahat sangat jelas merupakan keniscayaan, sebagaimana tersebut pada ayat 53 surat Yusuf di atas. Maka, keterangan yang telah diturunkan oleh Allah itu sudah sepatutnya mendapat perhatian setiap manusia yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya saw. Jika, masing-masing jiwa tidak diperhatikan oleh akal pikiran manusia beriman itu sendiri, maka akan merugilah hidupnya.

Karena itu, sukses tahap pertama yang diperbuat oleh setiap individu dalam dunia bisnis, belum dapat disebut sukses secara menyeluruh. Baru sampai pada tahap diri yang belum dirahmati. Untuk meraih diri yang diberi rahmat oleh Allah, maka diri setiap insan suka tidak suka harus berbuat mengikuti petunjuk dari Allah yang telah diperbuat oleh Rasul-Nya saw.

Apa saja yang telah diperbuat oleh Rasulullah saw tidak berlepas dari Al-Quran. Allah swt telah mengutus beliau untuk menjadi suri tauladan bagi rahmat semesta alam. Beliau saw senantiasa mengikuti wahyu dan petunjuk Allah yang datang ke dalam hatinya atau jiwanya.

Rahasia Sukses Bisnis ketiga:

Pebisnis online sukses tidak hanya oleh dirinya, melainkan adanya keterlibatan dari orang lain di luar dirinya  

Jika telah berada dalam kesadaran, bahwa kualitas diri sangat menentukan keberadaannya di dunia ini, maka tahap selanjutnya adalah melakukan hubungan yang baik dengan sesama manusia. Kehadiran orang lain di luar diri kita sangat dibutuhkan. Hubungan antar manusia (human relation) merupakan bagian dari hidup dan kehidupan itu sendiri.

Sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat menghindar untuk saling kenal mengenal. Diciptakan oleh Allah bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling kenal mengenal. Allah sw telah berirman:

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat: 13).

Tetapi, kata Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal, yang paling baik di antara kamu adalah orang yang paling bertakwa.

Adakah setiap jiwa pebisnis berjuang untuk menjadi orang yang paling bertakwa? Pertanyaan ini, tentu saja, merupakan tantangan, sekaligus, perjuangan yang tidak dapat disisihkan dari kehidupan orang-orang beriman.

Perhatian terhadap diri untuk lebih mengenal Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pencipta tidak dapat diabaikan karena berbagai urusan yang melibatkan banyak kalangan. Dalam hal ini, hubungan antar manusia harus dijalankan, sedangkan rasa keberimanan terhadap Allah dan Rasul-Nya saw harus ditempatkan lebih utama dari hubungan dengan apa dan siapa pun.
Rahasia Suses Bisnis keempat:

Anda sukses karena Allah berkehendak Anda Sukses

Akhirnya, sukses bisnis Anda sangat ditentukan oleh Allah sebagai Tuhan Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Ini menunjukkan, bahwa manusia pebisnis sesungguhnya hanya memainkan peran hidupnya sebagai hamba Allah tidak dapat berlepas dari kodrat dan iradat Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Baik.

Berbisnis sesungguhnya bukan tujuan dari hidup dan kehidupan seorang hamba Allah, melainkan Allah-lah yang menjadi tujuannya. Jika bisnis diletakkan sebagai tujuan dari hidup kehidupan umat manusia, maka setiap langkahnya hanya diliputi oleh kepentingan dunia.

Bisnis sesungguhnya hanyalah wasilah yang tidak dapat mengabaikan tujuan utama seorang hamba dalam beribadah kepada Tuhannya azza wa jalla. Allah-lah yang menjadi tumpuan dan tujuan hidupnya, bukan selain dari Diri-Nya.

Itulah keempat Rahasia Sukses Bisnis yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. 

Kepedulian Berbagi:
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment